Ribuan Buruh Harapkan Uang JHT dari Jamsostek

Pontianak, Kompas – Selama Januari-Februari 2009 jumlah buruh kayu di Kalimantan Barat yang terkena pemutusan hubungan kerja sebanyak 2.856 orang.

Saat ini mereka mengharapkan pembayaran uang jaminan hari tua (JHT) dari PT Jamsostek (Persero). Uang JHT mereka perlukan untuk menyambung hidup karena dalam sebulan terahir uang pesangon PHK mereka belum dibayar.

”Saya sangat berharap dari uang JHT Jamsostek untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ini untuk menyambung hidup karena uang pesangon dari perusahaan juga belum diberikan,” kata Saryono (32), korban PHK dari PT Wana Bangun Agung, Senin (16/3), yang ditemui saat mengajukan klaim JHT ke PT Jamsostek Kalbar.

Saryono datang bersama istri dan anaknya yang baru berumur tujuh bulan. Dia bersama istrinya merupakan korban PHK dan keduanya sudah bekerja di PT Wana Bangun Agung selama 10 tahun.

Kepala Kantor PT Jamsostek Cabang Kalbar Moh Lili Setiadi mengungkapkan, dalam dua bulan pertama tahun ini sudah 2.444 buruh korban PHK di Kalbar yang menerima klaim JHT. Total klaim JHT yang dibayarkan mencapai Rp 9,4 miliar.

”Rata-rata dalam sehari kami melayani klaim JHT sekitar 80 sampai 100 orang. Jika persyaratannya lengkap, korban PHK bisa mendapatkan pembayaran JHT hari itu juga,” katanya. Sepanjang tahun 2008 Jamsostek Kalbar telah mencairkan dana JHT sebesar Rp 21,7 miliar. (WHY)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: