Kampanye Damai Diikrarkan

JAKARTA – KORAN REPUBLIKA — Hari pertama kampanye rapat umum, Senin (16/3), diisi dengan kegiatan kampanye damai. Peserta pemilu dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota, membacakan ikrar kampanye damai dan menandatangani deklarasi kampanye damai.

Untuk tingkat pusat, kampanye damai digelar di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ). Acara ini dihadiri sebagian besar pimpinan partai politik peserta pemilu. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla, tidak hadir.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Abdul Hafiz Anshary, mengatakan, kampanye rapat umum merupakan tahapan keenam dari 10 tahapan pemilu. Kampanye terbuka yang menghalalkan pengumpulan massa dan arak-arakan ini berlangsung 21 hari.

Hafiz berharap deklarasi itu cukup efektif meredam bentrok massa di lapangan. Sebab, semua peserta pemilu telah terikat kesepakatan tertulis itu. ”Pemilu ini perlu kita jaga agar tertib,” pinta Ketua KPU, Abdul Hafiz Anshary, dalam sambutannya di acara Deklarasi Kampanye Damai.

Meski telah ada deklarasi, Hafiz menyatakan pengawasan atas pelaksanaan kampanye rapat umum itu tetap dibutuhkan. ”Deklarasi merupakan sebuah komitmen. Namun, di lapangan masih perlu diawasi juga, sehingga deklarasi bisa diaplikasikan di tingkat bawah.”

Kemarin, ikrar kampanye damai itu dibacakan pimpinan parpol yang hadir, dipandu Abdul Hafiz Anshary. Usai membacakan ikrar, mereka menandatangani deklarasi, disaksikan komisioner KPU. Sebanyak 2.200 pengurus dan simpatisan parpol juga hadir pada kegiatan tersebut.

Setelah penandatanganan deklarasi, setiap perwakilan parpol juga mendapat kesempatan menyampaikan visi dan misi yang mereka tawarkan.

Prestasi 2004
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak semua pihak menyukseskan Pemilu 2009. Presiden berharap prestasi yang dicapai pada Pemilu 2004 bisa dijaga, bahkan ditingkatkan.

”Ini adalah tanggung jawab kita bersama, misi kita bersama. Mari kita tunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah makin dewasa dan makin matang dalam berdemokrasi,” kata Presiden dalam pidato menyambut kampanye rapat umum di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/3).

Dalam pidato tersebut, Presiden didampingi Wapres M Jusuf Kalla, Menko Polkumkam Widodo AS, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani, Jaksa Agung Hendarman Supandji, Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Menkumham Andi Mattalatta, Mensesneg Hatta Rajasa, Ketua KPU Abdul Hafiz Anshari, Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, dan anggota DPD Marwan Batubara.

Presiden mengajak semua pihak menjalankan hak demokrasi dan kebebasannya dengan menghargai hak dan kebebasan orang lain. ”Mari kita tegakkan ketertiban dan pranata hukum. Mari kita bangun kehidupan demokrasi yang sejuk dan penuh manfaat. Kemampuan kita untuk menjaga keseimbangan antara hak dan tanggung jawab, antara kebebasan dan ketertiban, akan menentukan kemajuan demokrasi kita,” katanya.

Kepada para pejabat negara, Presiden berharap agar mereka tak menyalahgunakan kekuasaan wewenangnya, serta tetap berpegang pada PP No 14/2009 dan Peraturan KPU No 19/2008, yang mengatur kampanye pejabat negara. Dia meminta tugas negara tak diabaikan.

Presiden berharap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan pengawasan dengan efektif, sehingga seluruh proses pemilu berjalan dengan baik, aman, tertib, dan demokratis. Presiden juga menginstruksikan jajaran TNI/Polri agar mengamankan kampanye, serta tetap netral.

Polri mengimbau partai-partai melaporkan rute konvoi menuju lokasi kampanye. ”Untuk menghindari adanya pertemuan massa dengan partai politik lain,” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira. ikh/wed/nap

Ikrar Kampanye Damai

Kami seluruh pimpinan partai politik peserta Pemilu 2009, dengan ini menyatakan kesatuan tekad untuk mewujudkan kampanye rapat umum yang tertib, damai, cerdas, dan berkualitas demi suksesnya pemilu sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: