Brawn GP Pimpin Uji Coba di Jerez

Jerez, Minggu – Brawn GP kembali membuktikan diri sebagai tim yang harus diperhitungkan pada musim balap 2009. Pada hari pertama uji coba F1 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (15/3), Brawn GP tampil paling kencang.

Brawn GP dahulu adalah tim Honda. Setelah pabrikan Honda menyatakan mundur dari ajang F1, tim tersebut dibeli oleh Ross Brawn, yang tidak lain merupakan principal tim Honda.

Saat melakukan uji coba di Barcelona, Spanyol, pekan lalu, Brawn GP yang memakai mesin Mercedes-Benz tampil meyakinkan. Selain kencang, mobil mereka, BGP001, ternyata juga memiliki daya tahan memuaskan alias tidak gampang ngadat. Penampilan cemerlang tim Brawn GP terus berlanjut dalam uji coba di Jerez, minggu ini.

Tempuh 107 lap

Hanya ada tiga pebalap yang melakoni hari pertama uji coba. Pebalap veteran Brawn GP, Rubens Barrichello, tampil terkencang dengan waktu lap 1 menit 19,236 detik. Ia melahap 107 lap.

”Kami menjalani hari yang memuaskan. Cuaca di Jerez lebih panas ketimbang di Barcelona sehingga uji coba kali ini lebih bisa mewakili suhu udara yang bakal dihadapi dalam beberapa balapan pembuka,” tutur Barrichello asal Brasil.

Ia mengungkapkan, BGP001 bekerja mulus. ”Kami pun semakin memahami karakteristik mobil ini,” tutur Barrichello.

Barrichello mengungguli pebalap Renault, Fernando Alonso, yang menempati posisi kedua. Mantan juara dunia F1 dua kali berturut-turut itu membukukan waktu lap terbaik yang lebih lambat 0,583 detik dari Barrichello.

Alonso tampil tidak maksimal. Saat belum lama mencoba mobil, ia meluncur ke gravel dan mobilnya, R29, rusak. Pada Minggu siang, setelah mobil selesai diperbaiki, Alonso kembali melakukan uji coba, tetapi ia total hanya melahap 40 lap.

”Saya melakukan kesalahan tadi pagi, yang membuat kami kehilangan kesempatan melakukan uji coba di trek,” kata Alonso.

”Kecelakaan memang kadang-kadang terjadi dalam uji coba saat Anda berusaha menemukan batas maksimal kemampuan mobil. Kami cukup puas, tetapi tentu kami berharap bisa menempuh lebih banyak lap,” ujar Alonso, dikutip http://www.formula1.com.

Pebalap tes tim Williams, Nico Hulkenberg, menempati posisi ketiga. Waktu lap mantan pebalap A1GP ini lebih lambat 0,779 detik dari Barrichello. Melahap 69 lap, Hulkenberg menguji coba komponen aerodinamika.

Williams, Brawn GP, dan Renault melakukan uji coba hingga Rabu. Tim McLaren turun mulai Senin hingga Kamis. (ato)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: