Kampanye Mulai, Atribut Partai Makin Marak

JAKARTA, KOMPAS.com – Kampanye terbuka pemilu 2009 dimulai hari ini, sebanyak 44 partai akan bertanding untuk memperebutkan suara rakyat. Sebelumnya atribut partai berupa bendera, spanduk, baliho berisi iklan caleg maupun capres sudah membanjiri tiap sudut jalan.

Promosi parpol itu semakin menjamur karena kampanye terbuka telah dimulai. Berdasar pantauan Kompas.com, beberapa ruas jalan selain jalan protokol Jakarta telah dibanjiri aneka spanduk dan baliho.

Sementara di jalan protokol ibukota seperti JL Jenderal Sudirman, Jl Gatot Subroto, kawasan Medan Merdeka dan Monas,Bundaran HI, Kuningan sudah bersih dari atribut partai.

Meski jalan protokol yang tergolong white area sudah bersih dari atribut partai, di beberapa ruas jalan pemasangan iklan parpol itu masih semrawut dan tidak beraturan

“Kalau di daerah sini, beberapa bulan sebelum kampanye pun sudah penuh spanduk dan bendera parpol,” ujar Ahmad Zaelani (45), warga Kampung Pulo, Jakarta saat ditanyai Kompas.com, kemarin.

Ia merasa prihatin dengan cara pemasangan aneka iklan parpol dan caleg yang tak beraturan di sembarang tempat. “Saya pernah lihat di lampu lalu lintas, dipasang stiker iklan caleg tepat lampu hijaunya. Beriklan ya silakan, tapi ini kan sudah keterlaluan,” ujarnya.

Sementara itu, pemasangan atribut partai dengan dimulainya kampanye terbuka ditengarai akan semakin gencar. “Yang perlu diingat itu, ruang untuk beriklan di Jakarta kan terbatas, jadi jangan asal. Demokrasi kan mengajar kita untuk berbagi juga, termasuk tak seenaknya pasang spanduk iklan di pohon atau tembok rumah warga,” kata Asep Kurnia (35), karyawan sebuah bank.

Hari ini kampanye terbuka akan dimulai dengan pencanangan kampanye damai dan tertib di PRJ Kemayoran Hall B, Jakarta Utara. Acara ini akan diikuti seluruh peserta pemilu 2009 yang diwakili ketua umum partai beserta kader dan simpatisan. Kampanye terbuka ini berlangsung 21 hari hingga 5 April 2009 sebelum pemungutan suara pemilu legislatif 9 April 2009 .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: