Nonton TV Lebih 2 Jam Tingkatkan Resiko Asma Anak

JAKARTA – Bila anak anda memiliki potensi asma, jangan biarkan ia berlama-lama di depan televisi. Sebuah studi menemukan jika anak-anak yang menonton televisi lebih dari dua jam sehari meningkatkan resiko mereka terhadap asma.

Bagaimanapun para peneliti meyakini hasil tersebut lebih terkait kepada gaya hidup, yakni duduk berlama-lama di depan layar TV daripada piranti TV itu sendiri.

Lebih dari 3.000 anak di Inggris dari usia baru lahir hingga berusia 11 tahun mengikuti riset yang dipublikasikan dalam Jurnal Thorax.

Para orang tua ditanyai tentang gejala nafas bersiul dan apakah anak-anak mereka didiagnosa memiliki asma, serta kebiasaaan para bocah dalam menonton televisi.

Ketika semua anak tersebut bebas dari gejala nafas bersiul saat balita, beberapa di antara mereka, sekitar 6 % mulai terlihat tanda-tanda asma ketika masuk usia 11 tahun,dan mereka yang menonton TV lebih dari 2 jam sehari tampak memiliki kondisi demikian.

Rincian dari anak-anak yang akhirnya mengidap asma, 2 % memiliki kebiasaan tak menonton TV, 20 % menonton TV kurang dari 1 jam perhari, 34 % menonton TV 1-2 jam perhari dan 44 % melihat siaran TV lebih dari 2 jam sehari.

Salah satu anggota tim peneliti, James Paton, doktor dari Universitas Glasgow berkomentar, “Kami pikir masalahnya ada pada aktivitas , bukan menonton TV. TV hanyalah sekedar penanda. Mungkin beraktivitas di luar ruang pada usia muda memiliki pengaruh untuk melindungi paru-paru,”

“Ini menunjukkan mungkin tidak duduk berlama-lama membuat kita sering mengarik nafas lebih panjang dan lama, dan itu boleh jadi hal penting dalam kesehatan paru-paru jangka panjang,” ujarnya.

Para peneliti asma Inggris tersebut juga menambahkan dalam riset mereka terdapat bukti yang mengaitkan antara kurangnya gerak badan dan kegemukan terhadap peningkatan resiko asma./hc2d.co.uk/itz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: