BBM Turun, Giliran Harga Sembako Merangsek Naik

JAKARTA. Naiknya gampang, turunnya susah. Itulah harga barang kebutuhan pokok. Pemerintah pun terpaksa mengakui turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) tak memiliki dampak terhadap harga bahan pokok.

Walaupun pemerintah telah menurunkan harga BBM hingga tiga kali, namun sampai awal Maret 2009 ini, harga mayoritas barang kebutuhan pokok malah terus cenderung naik. Jika ada sebagian komoditi yang turun harganya, itu karena pasokannya terjaga dengan baik.

Jadi, kunci stabilitas harga bahan pokok memang ada pada distribusi. Itulah analisis Kepala Sub Bahan Pokok Direktorat Bina Pasar dan Distribusi Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Hendry Joan Kuhu. Celakanya, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi distribusi dan berada di luar kendali pemerintah. “Misalnya, faktor cuaca,” kata Hendry.

Ia lantas menjelaskan bagaimana harga beberapa bahan pokok naik karena keadaan cuaca yang tidak menentu. Gelombang tinggi yang berlangsung sepanjang bulan Februari menjadi faktor penghambat distribusi barang-barang pokok antar pulau di Indonesia.

Akibatnya, “Sebagian komoditas pangan, terutama hasil pertanian, rusak karena pengirimannya terhambat,” tutur Hendry. Selain itu, ada pula kerusakan hasil pertanian sebelum panen berlangsung karena bencana banjir. Betapa besar pengaruh cuaca tampak, misalnya, pada harga telur. Karena penundaan pengiriman tidak membuat telur cepat rusak, pasokannya di pasar relatif tetap terjaga.

Harga makanan memang memainkan peran yang sangat besar dalam inflasi Februari lalu yang mencapai 0,21%. Harga beras bahkan menyumbang inflasi hingga 0,2%. Situasi ini jelas tidak mendukung rencana pemerintah yang berniat mengekspor beras pada tahun ini.

Selain bahan makanan, naiknya harga makanan dan minuman jadi juga mendongkrak inflasi 0,16%. Ada pula kenaikan pada sandang dan keperluan perumahan dan energi. Walhasil, kendati ada penurunan inflasi yang negatif 0,43% dari ongkos transportasi, laju inflasi Februari tetap tercatat sebesar 0,21%.

Anna Suci Perwitasari KONTAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: