Restoran Dengan Nama Buddha di Bali Tak Bermasalah

Gede Suardana – detikNews, Denpasar – Budhha Bar di Jakarta memancing kontroversi, namun hal sebaliknya terjadi di Bali. Di Pulau Dewata tersebut, sejumlah restaurant yang menggunakan nama Buddha aman-aman saja.

Hingga kini tidak ada protes. Bagi kami menggunakan nama Buddha tidak masalah tetapi jangan menghina,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Made Subawa kepada detikcom, Selasa (3/2/2009).

Subawa menegaskan bahwa restoran yang menggunakan nama Buddha di Kabupaten Badung juga tidak memiliki masalah administrasi. “Soal nama itu urusan dia (pengusaha), yang penting mereka tertib administrasi. Tidak ada juga restoran yang menyalahgunakan izin,” ujarnya.

Di Bali terdapat beberapa restoran yang menggunakan nama Budhha, di antaranya Budhha’s Belly Restaurant, Bali Buddha Restaurant, Buddha Haha Restaurant. Sebagian besar restoran tersebut berada di kawasan wisata di Kabupaten Badung.

Tak munculnya kontroversi penggunaan Buddha sebagai nama restoran di Bali juga disampaikan Ketua PHRI (perhimpunan hotel dan retoran Indonesia ) Kabupaten Badung Fery Markus. Ia mengakui belum mendengar protes dari masyarakat terkait protes yang di Jakarta ini.

“Belum ada protes. Kalau ada pasti mencuat. Yang baru terjadi hanya di Jakarta,” ujarnya.

Mencuatnya kasus Buddha Bar di Menteng, Jakarta, menurut Markus, menjadi bahan pelajaran bagi PHRI Badung. Menurutnya, tidak semua restoran yang tersebar di Badung bergabung dalam PHRI. “Hanya sedikit restoran yang tergabung, jadi tidak semua bisa kita pantau,”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: