Pendapatan Pelindo Diprediksi Hilang 50%

JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) memperkirakan pendapatan kotor perseroan akan hilang 50 persen lebih akibat pengecilan lingkup usahanya.

Sesuai Undang-Undang Pelayaran yang disahkan Selasa (8/3), Pelindo hanya boleh ber-peran sebagai operator terminal sementara kegiatan pelabuhan dikelola oleh pemerintah melalui otoritas pelabuhan.

Kepala Humas Pelindo II Hendra Budhi mengatakan, pendapatan kotor dari seluruh cabang Pelindo pada tahun lalu mencapai kurang lebih Rp3 triliun. “Lebih dari setengahnya nanti akan terpotong,” ujar dia di Jakarta kemarin.

Dia menyebutkan,Pelindo I, II, III, dan IV pada 2007 membukukan laba sebesar Rp2,254 triliun. Adapun kontribusi pendapatan ke negara berupa dividen dan pajak mencapai Rp1,180 triliun. Rinciannya, dividen sebesar Rp482,977 miliar, sementara setoran pajak mencapai Rp697,686 miliar.

Hendra menambahkan, aset dari keempat cabang Pelindo sampai akhir 2007 senilai Rp8 triliun, yakni pada tahun itu telah dilakukan pembangunan,pengembangan, dan penambahan fasilitas untuk meningkatkan pelayanan senilai Rp1,060 triliun.

Sebelum revisi UU Pelayaran No 21/1992 disahkan, Pelindo menjalankan fungsi otoritas pelabuhan, lingkup kerjanya selain menjadi operator terminal, juga mengusahakan urusan kepelabuhanan, seperti kepabeanan, karantina, pembangunan pelabuhan,dan perawatan infrastrukturnya.

Sebelumnya, saat menyampaikan pendapat akhir pemerintah dalam rapat paripurna pengesahan RUU Pelayaran, Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal menegaskan bahwa meski kehilangan fungsi kepelabuhanan atau disebutnya sebagai fungsi regulator, Pelindo itu tidak akan merugi.

(sindo//hsp)

http://economy.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/04/10/21/99224/21/pendapatan-pelindo-diprediksi-hilang-50

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: