Serikat Pekerja Pelindo II Masih Ancam Mogok

Jakarta-Sinar Harapan. Setelah lumpuh dua hari, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok kembali normal. Namun, aksi mogok akan kembali digelar bila pada 8 Februari nanti manajemen Pelabuhan Indonesia (Pelindo II) tidak juga menandatangani draf perjanjian kerja bersama (PKB) untuk tahun 2008.

“Jika janji manajemen tidak ditepati, ya kita akan menggelar demo yang lebih besar lagi,” papar salah seorang anggota Serikat Pekerja Pelindo II cabang Tanjung Priok, Rabu (9/1).

Terkait rencana akan digelarnya aksi mogok yang lebih besar, Asisten Manager Pelayanan Pelanggan dan Humas Pelindo Cabang Tanjung Priok Hambar Wiyadi membenarkannya. Namun yang jelas, kata Hambar, direksi akan secepatnya membawa draf PKB yang baru ke pemegang saham.

“RUPS baru Februari, tapi direksi berjanji untuk menindaklanjuti tuntutan karyawan secepatnya,” terangnya.
Dalam aksi mogok kerja yang digelar di lini satu Pelabuhan Tanjung Priok, mulai pukul 09.00-14.00 WIB tersebut, karyawan menolak belasan kapal yang akan masuk dan tidak memproses dokumen perjalanan kapal. Akibat aksi tersebut, kerugian yang diderita perusahaan pelayaran dan pemilik barang diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

“Kapal tidak bisa masuk pelabuhan karena petugas pandu tidak bersedia memandu dan kapal pandunya sendiri diparkir di tengah laut,” tambahnya.

Beberapa karyawan menuturkan, aksi mogok dipicu kekesalan karyawan dengan sikap Direksi Pelindo II yang hingga kini belum bersedia menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB). PKB lama padahal sudah habis masa berlakunya sejak 11 bulan lalu. Mereka menunggu hampir setahun namun tak kunjung ditandatangani.

Selain itu, karyawan mencium ada gelagat direksi mau menyuburkan praktik KKN dan korupsi dengan menaruh orang-orangnya pada kursi kerja yang empuk serta menggembosi pengurus dan anggota Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia II (SPPI-II) Cabang Tanjung Priok dengan cara memutasi sejumlah pengurus SPPI yang kritis ke daerah-daerah.
(satoto budi)

Satu Tanggapan

  1. kami dukung perjuangan SP Pelindo II…….ngomong2 modus penguluran penandatanganan PKB koq sama ya dengan Koja……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: