Meneg BUMN dan Menhub Agar Copot Dirut Pelindo II

JAKARTA (Pos Kota) – Meneg BUMN dan Menhub agar mencopot Dirut Pelindo II, Abdullah Syaifudin. Alasannya, dia telah bertindak sewenang-wenang dengan memutasi lima ketua serikat Pelindo II.

Juga menolak menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (KKB) antara manajemen dengan serikat pekerja Pelindo II.

Desakan ini disampaikan Koordinator Internasional Transport Federation Indonesia (ITF), Hanafi Rustandi, Ketua Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT), Hazris Malsyah dan Ketua SP TPK Koja, Irwan Setyabudi.

Jika dalam sebulan KKB belum juga ditandatangani, mereka akan menurunkan ribuan anggotanya berdemo bersama karyawan Pelindo II dengan menutup seluruh jalan masuk pelabuhan.

Demo menuntut Dirut Pelindo II menandatangani KKB sebelumnya (Selasa,8/1) telah dilakukan ratusan karyawan Pelabuhan Priok. Akibat demo 8 Januari lalu kerugian tidak hanya ditanggung oleh Pelindo II, tapi JICT selama demo menderita kerugian 800 ribu dolar AS setara Rp 7.000.000.000 (tujuh milyar rupiah) karena 4.500 boks kontainer mau masuk dan 3.500 boks kontainer keluar terlambat dilayani. Belum lagi kerugian di TPK Koja dan Pelindo II karena tidak ada petugas pandu yang menyandarkan kapal masuk pelabuhan.

KASUS MUTASI

Sementara itu, ketua SP Pelindo II yang dimutasi yakni ketua SP Pelindo Cabang Tanjung Priok Pratiyoso Sayogi ke cabang Teluk Bayur, ketua SP Teluk Bayur Desman ditarik ke Jakarta, ketua SP Palembang Nurdin dimutasi ke Jambi, ketua SP Jambi Ilyas Abadi dimutasi ke Panjang dan Bendahara SP Mimbar Tanjung Priok staf di kantor Pusat.

Baik Hanafi, Hazris, Irwan Setiabudi dan Dardo wakil SP ini menyayangkan sikap Ketua Umum SP Pelindo II, Sudjarwo yang dianggap kurang peduli membela 5 ketua SP Pelindo II yang dimutasi ke daerah.

Ketua Umum SP Pelindo II, Sudjarwo ketika dikonfirmasi terpisah mengatakan beberapa ketua SP Pelindo II yang dimutasi justru mendapat promosi jabatan baru dari sebelumnya asisten manajer kini menjadi manajer teknik. Lagi pula yang bersangkutan jauh hari sudah diberitahukan tentang promosi ini dan mereka tidak keberatan.

Sedangkan yang belum dapat jabatan, kini pihaknya sudah mengirimkan surat ke direksi untuk memberikan jabatan promosi bagi ketua SP yang dimutasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: