Sudahkah Anda Menghargai Karyawan Anda?

Sebagai seorang pemimpin ataupun business owner, coba Anda berhenti sejenak untuk mengingat kembali saat terakhir kali Anda menghargai para karyawan Anda. Apakah Anda tipe pemimpin yang setiap saat menghargai kerja keras dan disiplin dari para karyawan Anda?, atau apakah Anda hanyalah tipe pemimpin yang berprinsip bahwa Anda sudah membayar karyawan Anda sesuai perjanjian kerja, jadi tidak penting lagi untuk dihargai melebihi dari apa yang telah Anda keluarkan buat mereka?.

Pemimpin yang cerdas, akan selalu melakukan banyak hal dan bertindak lebih jauh untuk membuat hidup orang lain menjadi lebih penting dari sekedar seorang pekerja pencari gaji. Dia adalah seorang pemimpin yang menghormati dan menghargai para karyawannya dengan kata-kata dan tindakan yang membuat mereka semua menjadi nyaman, bersemangat, dan berenergi.

Dia juga seorang pemimpin yang berprinsip bahwa keberhasilan organisasi disebabkan oleh kerja keras dan kolaborasi jitu antara pimpinan dan karyawan, dan semua itu terjadi melalui proses kerja dengan mind set positif, dan tanpa ada rasa ganjalan di hati dan dipikiran mereka semua. Sebagai rasa hormat atas prestasi dan dedikasi dari para karyawannya, ia juga tidak akan pernah ragu untuk memberikan penghargaan terbaik buat semua orang.

Dia seorang pemimpin yang secara pasti akan menghargai setiap upaya dan kerja keras para karyawannya dengan perhatian yang wajar dan memenuhi kebutuhan hidup dari para karyawannya.

Orang bekerja pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu kebutuhan ekonomi maupun kebutuhan spiritualnya. Semua kebutuhan hidup pada zaman sekarang ini haruslah didasari oleh uang, tanpa ada uang, bagaimana mungkin seseorang mampu melanjutkan kehidupannya di atas planet bumi ini secara normal dan wajar. Seseorang yang datang melamar kerja untuk menjadi karyawan Anda, pada umumnya untuk mencari solusi buat kelanjutan kehidupan mereka yang normal dan wajar. Bayangkan sejenak, semua aspek kehidupan hari ini adalah uang, dan tanpa memiliki uang bagaimana cara membayar tagihan hidup yang harus keluar setiap bulan, bagaimana cara membiayai keluarga, bagaimana bertahan hidup, dan bagaimana bisa berpikir jernih dan positif.

Pemimpin yang cerdas pasti memahami tujuan dan latar belakang kehadiran para karyawannya dalam semangat kolaborasi untuk menghasilkan prestasi terbaik buat organisasi dan diri mereka masing – masing, agar kehidupan ekonomi dan spiritual mereka menjadi lebih baik dari hari ke hari. Pemimpin yang baik tidak akan membiarkan para karyawannya hidup dalam kecemasan dan ketidakpastian, dia akan selalu berusaha membangun budaya hidup yang sederhana dan bersyukur atas apa yang ada sekarang, sambil memotivasi dan menyuntikkan energi segar ke dalam jiwa dan pikiran para karyawannya untuk bisa menjaga semangat dan motivasi kerja yang tinggi.

Sudah menjadi hal yang wajar bila pemimpin memberikan pujian, perhatian, rasa terima kasih, penghargaan, dan benefit lainnya kepada para karyawannya, yang telah secara bersungguh – sungguh menunjukan etika, moral, dan sikap positif melalui kerja keras yang efektif, efisien, produktif, kreatif, dan sinergik. Karyawan juga harus memiliki kesadaran tinggi untuk selalu berpikir positif dan tanpa pamrih, sebisa mungkin hilangkan pola pikir “take and give”, dan ciptakan pola pikir give..give….and give. Sebab memberi potensi dan bakat pribadi lebih banyak kepada perusahaan tanpa hitung-hitungan, akan membangun kualitas mental positif yang andal dan bermanfaat untuk dikemudian waktu buat kesuksesan Anda. Jadi jangan selalu berpikir untuk “take and give”, but just think to give anythink you can give to your company.

Pemimpin yang baik akan berjuang keras untuk menjaga dan merawat pekerjaan yang sedang mereka kerjakan secara bijaksana dengan mengendalikan semua potensi risiko yang melekat bersama bisnis perusahaannya. Dia seorang pemimpin yang sadar akan ketidakabadian dalam dunia bisnis, dan dia akan sangat peduli kepada perubahan yang membawa manfaat buat semua orang di tempat kerjanya. Tentu saja dia juga sangat peduli kepada nasib semua karyawannya, sebab dia adalah seorang pemimpin yang sangat menghargai karyawannya atas semua usaha dan kerja keras mereka membantu dirinya dalam mengarahkan perusahaan menuju kinerja terbaik. Bila dia gagal mengelola risiko – risiko yang ada, maka mungkin saja dampaknya kepada pengurangan jumlah karyawan yang ada, dan ini akan menimbulkan penderitaan buat para karyawan yang terpaksa harus tersingkir akibat pengelolaan perusahaan yang kurang cerdas.

Sudahkah Anda menghargai karyawan Anda? merupakan sebuah tulisan yang bermaksud membuka hati dan pikiran para pemimpin ataupun business owner untuk lebih peduli kepada masa depan para karyawan, antara lain melalui kepemimpinan yang memperhatikan semua aspek keberadaan sumber daya manusia perusahaan secara utuh, dan sekaligus menjaga operasional perusahaan melalui pengendalian atas semua risiko sejak dini, agar tidak merugikan perusahaan dan karyawan. Keberadaan karyawan Anda di kantor Anda adalah dengan segala harapan untuk mendapatkan kehidupan dan prestasi hidup yang lebih baik. Sebagai pemimpin, Anda memiliki tanggung jawab moral yang besar untuk bisa mewujudkan semua harapan dari para karyawan Anda. Semoga saja Anda adalah seorang pemimpin yang visioner, yang selalu menginginkan hari esok menjadi lebih baik buat semua orang. Dan, Anda sendiri adalah seorang pejuang sejati, yang mampu menghadirkan sukses buat semua karyawan dan stakeholders Anda yang lainnya.

Sumber: http://djajendra.blog.co.uk/2007/10/06/sudahkah_anda_menghargai_karyawan_anda~3091911

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: