Tanjung Priok siap uji coba layanan online

JAKARTA, Bisnis Indonesia: Pelabuhan Tanjung Priok siap melakukan uji coba sistem layanan tunggal elektronik (online) untuk mempercepat penanganan lalu lintas kapal dan barang ekspor-impor pada 19 Desember 2007.

Administrator Pelabuhan Tanjung Priok Bobby Mamahit mengatakan hal tersebut saat mewakili Dirjen Perhubungan Laut Dephub Effendi Batubara pada acara pembukaan sosialisasi sistem dan prosedur (sispro) port system (Portnet) di Pelabuhan Tanjung Priok dalam rangka penerapan National Single Window (NSW), pekan lalu.

Selama ini, kata Bobby, kegiatan ekspor-impor masih dilayani secara manual, melibatkan lebih dari 22 instansi pemerintah dan mencakup 40 dokumen yang harus dikeluarkan.

Hal ini menjadi dilematis bagi petugas di pelabuhan karena ketika petugas mengutamakan fungsi pelayanan yang cepat, sering kali dimanfaatkan oknum eksportir-importir untuk melakukan penyelundupan, sebaliknya jika memperketat pengawasan bisa menghambat arus barang.

“Uji coba port system di Tanjung Priok akan dilaksanakan 19 Desember 2007 dan diharapkan sudah terintegrasi dengan portal NSW pada akhir tahun ini. Uji coba layanan tunggal secara elektronik berbasis Internet itu untuk mengintegrasikan standar pelayanan informasi kapal dan penanganan barang secara fisik dari seluruh instansi terkait di pelabuhan,” ujarnya.

Proses pelayanan dokumen ekspor-impor tersebut, kata Bobby, saat ini sudah bisa dipastikan waktunya setelah adanya penetapan standar waktu pelayanan atau service level agreement (SLA) dari masing-masing instansi yang terlibat. (k1)

Bisnis Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: