Pelabuhan Khusus Mobil Tingkatkan Kepercayaan Prinsipal

JAKARTA, Republika– Keberadaan pelabuhan khusus untuk mobil akan meningkatkan kepercayaan para pemegang merek (prinsipal) otomotif yang sudah membangun perakitan di Indonesia untuk meningkatkan investasinya.

“Peresmian terminal (pelabuhan) khusus otomotif akan menunjang usaha kami beserta pengguna lainnya dalam meningkatkan nilai ekspor serta proses distribusi kendaraan,” kata Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Jhonny Darmawan di Jakarta, Rabu, yang menyambut positif diresmikannya Jakarta Car Terminal di Tanjung Priok oleh Wapres M Jusuf Kalla.

Ia menyakini keberadaan pelabuhan khusus otomotif seluas 7,38 hektare tersebut akan meningkatkan kepercayaan prinsipal terhadap Indonesia dan memudahkan mitra lokal di Indonesia untuk mendorong prinsipal meningkatkan investasinya.

Toyota sendiri, kata Jhonny, mengutip pernyataan Presdir Toyota Motor Corporation Katsuaki Watanabe, menilai Indonesia merupakan basis produksi dan ekspor yang penting. TMC memiliki pabrik perakitan mobil di bawah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang beroperasi di Sunter, Jakarta Utara.

“Toyota sebagai pengguna kargo (otomotif) terbesar berterima kasih dan bersyukur atas diresmikannya Jakarta Car Terminal tersebut, sehingga diharapkan bisa memperlancar arus ekspor dan impor kendaraan. Itu (pelabuhan otomotif) akan semakin memantapkan kepercayaan para investor asing seperti para prinsipal kami di Jepang,” kata Jhonny yang juga Wakil Presdir TMMIN.

Toyota melalu TMMIN mengekspor kendaraan yang diproduksinya sejak 1987 dan jumlahnya terus meningkat. Dalam tiga tahun terakhir ekspor mobil TMMIN dalam keadaan utuh (CBU) maupun terurai (CKD) mengalami peningkatan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu, meresmikan pengoperasian Jakarta Car Terminal (JCT) sebagai terminal khusus yang melayani bongkar muat mobil, baik ekspor dan impor serta domestik. Peresmian itu ditandai dengan penyandaran kapal MV Fuji Transworld Voyage 83 dengan panjang 172 meter yang akan melakukan bongkar impor kendaraan sebanyak 979 unit mobil merek Toyota berbagai jenis asal Thailand, Jepang dan Singapura.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: