Gelombang PHK Akan Dera Citigroup

TEMPO Interaktif, New York:
Dampak krisis kredit macet hipotek perumahan (subprime mortgage) masih menelan korban. Citrigroup dikabarkan akan kembali memecat ratusan ribu karyawannya. Seperti dikutip dari CNBC, sumber di perusahaan tersebut memperkirakan karyawan yang dipecat mencapai 45 ribu dari 320 ribu karyawan Citigroup. Ini adalah kedua kalinya Citigroup melakukan pemutusan hubungan kerja. Sebelumnya pada April lalu, PHK sudah dilakukan terhadap 17 ribu karyawan.

Country Corporate Affairs Citi Indonesia Ditta Amahorseya menanggapi dingin kabar tersebut. Dia menegaskan, Citi Indonesia tidak akan berkomentar lebih banyak atas spekulasi itu. Menurut dia, kantor pusat Citigroup di Amerika Serikat hanya mengatakan bahwa Citi sedang dalam proses meninjau berbagai usaha untuk menjadikan perusahaan lebih efisien dan efektif. “Angka (layoffs) yang telah dilaporkan beberapa media massa tidak faktual,” kata Ditta kepada Tempo kemarin.

Meski Citigroup merugi lantaran terkena imbas krisis kredit macet hipotek perumahan (subprime mortgage) di Amerika Serikat, bisnis Citi Indonesia justru tumbuh dengan baik. “We doing very well,” katanya.

Laporan keuangan Citibank Indonesia menunjukkan, hingga September tahun ini, laba bersih tahun berjalan mencapai Rp 1,3 triliun, naik dari periode sebelumnya tahun lalu Rp 863 miliar. Total kredit yang disalurkan mencapai Rp 22,6 triliun, tumbuh 11,8 persen dari periode yang sama tahun lalu Rp 20,2 triliun.

Dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun juga tumbuh hingga 30 persen dari Rp 25,7 triliun menjadi Rp 33,5 triliun. Efisiensi beban operasional terus membaik ditunjukkan dengan turunnya indikator beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) menjadi 61,05 persen dari sebelumnya 71,58 persen. Aset Citibank terus tumbuh menjadi Rp 46,8 triliun dari sebelumnya hanya 34,3 triliun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: