MTI layani bongkar muat peti kemas Tresnamuda

JAKARTA, Bisnis Indonesia: PT Multi Terminal Indonesia (MTI), salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II yang mengoperasikan terminal serbaguna di Pelabuhan Tanjung Priok, melayani pelayaran nasional PT Tresnamuda Sejati untuk bongkar muat peti kemas di dermaga 009 Terminal Petikemas Regional Harbour (TPRH).

Kepala Humas MTI Sucahyo mengatakan Tresnamuda Sejati (TMS) mulai masuk ke MTI sejak 10 Nopember 2007 dengan kapal? MV TS Bangkok Voy. 722.

“Dalam layanan perdana tersebut telah dilakukan bongkar muat peti kemas sebanyak 1.104? TEUs yang berhasil dilayanai dalam waktu sekitar 14 jam,” ujarnya kepada Bisnis, pekan lalu.

Pada tawap awal, kata Sucahyo, TMS melayani rute Port Kelang, Malaysia, dan Singapura dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok dengan jadwal layanan satu bulan sekali menggunakan satu kapal.

“Seiring membaiknya perekonomian nasional diharapkan layanan itu ke depan bisa ditingkatkan menjadi satu minggu sekali,” ujarnya.

Dia mengemukakan pelayanan terhadap TMS membuka pasar baru, sekaligus meningkatkan kepercayaan perusahaan pelayaran untuk memanfaatkan fasilitas MTI.

Sebelumnya, terminal ini juga meraih pasar pelayaran Jasatama, CMA-CGM, dan Caraka Jaya Niaga.

Perpanjang dermaga

Guna menumbuhkan kepercayaan pasar itu, pada tahun ini juga manajemen MTI mengupayakan untuk memperpanjang dermaga di terminal peti kemas agar bisa disandari tiga kapal sekaligus.

“Hal ini untuk mengantisipasi pertumbuhan arus kapal peti kemas melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada masa mendatang,” paparnya.

Untuk fasilitas alat bongkar muat, pihaknya belum? berencana menambah peralatan.

“Kami hanya melakukan perawatan dan optimalisasi alat yang saat ini telah dioperasikan,” ujarnya.

Selain menjalankan pelayanan bongkar muat peti kemas dan kargo, tutur Sucahyo, perseroan juga fokus pada kegiatan logistik melalui divisi tersendiri dan saat ini terbukti? telah mampu meraih pasar dari dalam ataupun luar negeri.

Selama periode Januari-Oktober 2007, dermaga peti kemas MTI melayani bongkar muat peti kemas sebanyak 118.111 TEUs (86.084 boks), sedangkan arus barang di dermaga serbaguna (multipurpose) mencapai 4,56 juta ton.

Sementara itu, arus kunjungan kapal di terminal ini selama periode tersebut mencapai 897 unit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: