Harga Minyak bakal Tembus US$110

JAKARTA–MEDIA: Harga minyak dunia diprediksikan akan terus naik hingga US$110 per barel pada kuartal pertama 2008.

Melambungnya harga emas hitam ini ditengarai sebagai akibat situasi geopolitik global, terutama penurunan cadangan minyak di Amerika Serikat.

Prognosa Pengamat Perminyakan Kurtubi, harga minyak akan mulai turun pada kuartal kedua 2008. Kendati begitu, penurunan tersebut tidak akan mampu menyentuh level US$70 per barel.

“Paling banter harga minyak US$90 per barel, sulit kembali ke level US$70 per barel. Saya melihat karena pada kenaikan kali ini, demand (permintaan) juga terus naik, tidak peduli harga yang terus meroket,” ujar Kurtubi ketika dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Minggu (25/11).

Menurut prediksi Kurutbi, penurunan pada kuartal kedua nantinya akan lebih dikarenakan faktor geoplolitik di AS. Salah satunya, adalah berakhirnya musim dingin. Tapi, ia tidak menjamin penurunan tersebut akan berlangsung lama.

“Belajar dari Agustus lalu, dimana harga minyak juga sempat menembus US$98 per barel, padahal waktu itu belum musim gugur, maka hal itu membuktikan meroketnya harga minyak kali ini lebih dikarenakan pertumbuhan ekonomi, terutama melonjaknya kebutuhan minyak di dua negara ekonomi baru, India dan China,” urainya.

Di tengah situasi seperti itu, Kurtubi menilai, tidak banyak yang bisa dilakukan organisasi negara-negara pengekspor minyak. Apalagi, setelah organisasi terbut menolak untuk menambah produksinya lagi. Di sisi lain, pemerintah pun, lanjut dia, tidak bisa berbuat banyak dalam pembengkakan subsidi BBM dan listrik, sebagai akibat meroketnya harga minyak.

“Pemerintah harus pegang janjinya untuk tidak mencabut subsidi hingga 2009. Kalau pemerintah sampai melanggar janji dengan mencabut subsidi atau dengan kata lain mengubah mekanisme subsidi, dampak negatifnya terlalu besar terhadap perekonomian nasional,” tambahnya.(Eva/OL-03)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: