Mengintip Kehebohan PKB JICT 2007

Jum’at 16 November 2007 yang lalu, kami diundang oleh rekan kita (saudara seperjuangan) SP JICT untuk menghadiri pengesahan PKB mereka. Acara yang sederhana namun penuh arti tersebut diselenggarakan digedung PT. JICT.

Setelah acara perhelatan itu selesai, tak urung kami meminta bocoran beberapa kenaikan-kenaikan yang didapatkan oleh karyawan yang telah di perjuangkan oleh SP JICT. Berikut beberapa kenaikan yang mereka dapatkan dari hasil perjuangan SP JICT (Mohon jangan iri dan bengong ya…!) :

Pajak penghasilan (PPh 21) 

PKB 2005-2007

PKB 2007-2009

Pajak Lembur, THR dan Tunj. Jabatan ditanggung Pekerja Seluruh Pajak Penghasilan ditanggung Perusahaan

Kenaikan Tunjangan Transport

1. Naik  sebesar  20%  untuk  masing-masing  grade,  terhitung  mulai bulan Oktober 2007

2.   Setiap    tahun    ada    penyesuaian    besaran    tunjangan   transportasi berdasarkan  inflasi  dan  data  YLKI  serta kenaikan harga BBM, terhitung mulai tahun 2008 

PKB 2005-2007

PKB 2007-2009

Grade 11-14 = 1.000.000,-Grade 9-10   = 1.435.000,-

Grade 7-8     = 1.211.000,-

Grade 5-6     = 1.155.000,-

Grade 4        =   959.000,-

Grade 11-14 = 1.200.000,-Grade 9-10   = 1.722.000,-

Grade 7-8     = 1.453.200,-

Grade 5-6     = 1.386.000,-

Grade 4        = 1.150.800,-

Tunjangan Hari Raya

1.Tahun 2008 = 2 x Upah Pokok

2.Tahun 2009 = 2,5 x Upah Pokok

Grade 2007 2008 Kenaikan (Rp) (%)
14 12.437.649,- 18.986.486,- 6.548.837,- 53%
12 11.608.441,- 17.720.672,- 6.112.231,- 53%
10 8.712.308,- 13.299.629,- 4.587.320,- 53%
8 6.390.022,- 9.754.582,- 3.364.559,- 53%
6 5.018.137,- 7.660.354,- 2.642.216,- 53%

Tunjangan Cuti Tahunan

“Naik sebesar 0,5 x Upah Pokok, terhitung mulai bulan Januari tahun 2009”

Masa Kerja

Tahun 2007-2008

Tahun 2009

1-5 tahun 1 x Upah Pokok 1,5 x Upah Pokok
5-10 tahu 1,5 x Upah Pokok 2 x Upah Pokok
> 10 tahun 2 x Upah Pokok 2,5 x Upah Pokok

Bantuan dan Santunan

Items

PKB 2005-2007

PKB 2007-2009

 (%)

Aksesoris Dinas 300.000,- 400.000,- 33%
Bantuan Khitanan 750.000,- 1.500.000,- 100%
Bantuan Persalinan 1.000.000,- 1.500.000,- 50%
Bantuan Pernikahan 1.000.000,- 2.500.000,- 150%
Bantuan Haji 2.500.000,- 5.000.000,- 100%
Santunan Duka Cita 3.000.000,- 4.000.000,- 33%
DPLK Perusahaan : 10%
Pekerja : 3 %
Perusahaan : 14%Pekerja : 4% 38,5%

Santunan Kematian

Items

PKB 2005-2007

PKB 2007-2009

(%)

Akibat Kecelakaan Kerja 100 jt 42 x Upah PokokGrade 14 = 398.716.218,-

Grade 12 = 372.134.118,-

Grade 10 = 279.292.213,-

Grade 8   = 204.846.227,-

Grade 6   = 160.867.448,-

298%272%

179%

105%

61%

Bukan Karena Kecelakaan Kerja 75 jt 32 x Upah PokokGrade 14 = 303.783.785,-

Grade 12 = 283.530.757,-

Grade 10 = 212.794.067,-

Grade 8   = 156.073.315,-

Grade 6   = 122.565.675,-

305%278%

184%

108%

63%

Bantuan Pendidikan Anak Pekerja

1.Masuk ke dalam PKB 2005-2007

2.Besaran & mekanisme pemberian bantuan akan diatur dalam Surat Keputusan Direksi

Kesepakatan Lain

Items

PKB 2005-2007

PKB 2007-2009

 (%)

Tunjangan Makan 10.000,- 15.000,- 50%
Transport FamDay 1.400.000,- 1.700.000,- 21%

Tunjangan Shift & Softloan

1.Dibuat Berita Acara tersendiri

2.Dibentuk Tim untuk mengkaji formulasi yang tepat (langsung diawasi oleh Direktur Utama & Direktur Keuangan)

3.Tim akan bekerja maksimal 100 hari sejak tim tersebut dibentuk

Demikianlah bocoran yang kami dapat dari rekan seperjuangan kami SP JICT, kiranya langkah apa yang akan ditempuh oleh kita semua tergantung dari karyawan TPK Koja. Mau diam saja monggo atau bergandeng tangan bersama SP TPK Koja….itu yang kami tunggu. Semua terserah karyawan. Yang pasti kalau kita mau seperti mereka tentu bukan hal yang mustahil, mengingat pemilik TPK KOJA ya juga pemilik JICT.

4 Tanggapan

  1. Insya Allah kalo kita sama-sama berjuang akan kelihatan hasilnya, jadikan perubahan rekan kita sebagai pemacu semangat kita untuk memperjuangkan kesejahteraan karyawan TPK Koja, selamat atas kesuksesan SP JICT….untuk SP TPK KOJA ditunggu yah!

  2. Emang sih kalo kita lihat Duniawi jadi panas bo, tapi karena kita kelas sapi perahan mau gimana yah tinggal menunggu/menghitung hari …1th 2th … 10th The End KSO TPK KOJA alias pileuleuyan. Makanya “Innalloha Laa yughoyiru maa biqoumin hatta yughoiyyiru maa bianfusihim”…. intinya yang mengubah nasib & kesejahteraan teh tergantung kaum pekerja KSO Terminal Petikemas KOJA. Mau sejahtera yah kudu usaha atuh bantu SP kita untuk lebih berani mengadu hujah dgn kaum mustakbirin. amien. BRAVO SP KSO TPK KOJA atau SP PT. TPK KOJA….. (pusing euy… udah ya)

  3. Ini nih yang harus kita usahakan terlebih dahulu..kekompakan dan pengertian yang amat sangat bangat sekali. bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita harus berusaha yang maksimal pula. maksudnya? jangan hanya menyerahkan seluruh beban kepada sp tpk koja saja. kita orangpun harus ikut andil dalam memikirkan kesejahteraan kita2 juga. memberikan masukan, walaupun hanya ide minimal kita sudah berpartisipasi. seumpama batu, sekeras2nya batu tetap akan bolong jika di tetesi air terus menerus. keep fight..

  4. Kalo JICT bisa kenapa TPK Koja tidak …..?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: