Pelni Tambah Angkutan Petikemas ke Sumatera

Laporan Wartawan Persda, Hendra Gunawan

JAKARTA, PERSDA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) membidik angkutan barang melalui petikemas maupun kargo tujuan Medan, Batam dan sekitarnya. Pelni juga mulai melayani rute ke Sibolga dengan pangsa pasar penumpang serta angkutan barang.

“Pelni akan terus meningkatkan angkutan barang. Meski demikian, pelayanan dijamin tidak  sampai mengganggu kenyamanan penumpang  selama di perjalanan,” ungkap Kepala Hubungan Masyarakat Pelni Edy Heriyadi kepada pers di Jakarta, Jumat (16/11).

Untuk rute Jakarta-Batam-Belawan, dilayani dengan KM Kelud.  Kapal itu  berlayar ke Belawan seminggu sekali. Jadwalnya sudah reguler, termasuk singgah di beberapa pelabuhan di pantai timur  Sumatera. “Sejauh ini, KM Kelud sudah mempunyai jadwal yang tetap, terutama ke Batam dan Belawan,” kata dia.

Adapun rute Jakarta-Sibolga, dibuka kembali sejak menjelang Lebaran 2007. Selain untuk melayani angkutan mudik Lebaran, juga  melayani angkutan barang terutama ke beberapa daerah di pantai Barat  Sumatera sampai ke Sibolga. Pada tahap awal, tingkat isian penumpang (load factor)  masih relatif kecil. Tapi, harap diumaklumiu karena rute itu lama tidak dilayani Pelni.

Menurut Edy, selama ini masyarakat pantai barat Sumatera seperti Sibolga dan Nias sangat keras menyuarakan agar Pelni kembali membuka rurte ke Sibolga. Tujuan utamanya untuk mendukung pengembangan ekonomi  masyarakat. “Jika kapal Pelni masuk, berarti distribusi barang dan jasa makin lancar. Pasalnya, kapal Pelni  mempunyai jadwal yang tetap,” terang dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: