Kenaikan BBM Industri Picu Kenaikan Harga Barang

BANYUMAS, KOMPAS- Kenaikan harga bahan bakar minyak untuk industri hingga 6,4 persen dirasakan sangat memberatkan kalangan pengusaha di Banyumas. Apalagi pada pertengahan November ini upah minimum Kabupaten Banyumas juga akan naik enam persen dari sebelumnya Rp 520.000 per bulan.

Menurut Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia wilayah Banyumas, Asto Waluyo, Senin (5/11), hal itu dipastikan akan menyebabkan kenaikan barang industri, dan akan berdampak cukup luas terhadap komoditi lainnya. “Kami memperkirakan kenaikan barang akibat kenaikan BBM industri dan juga naiknya UMK akan terjadi Januari mendatang,” katanya.

Hanya saja, untuk sekarang ini memang belum terjadi kenaikan harga barang pada sejumlah komoditi industri karena daya beli masyarakat masih rendah, terutama pasca hari raya lebaran kemarin.

Asto mengatakan, salah satu komoditi industri yang akan langsung beraksi terhadap kenaikan BBM itu adalah industri manufaktur, salah satunya yang ada di Banyumas adalah pabrik plastik.

“Pengusaha maupun pedagang itu kan menunggu waktu, kalau dirasa waktunya tepat untuk menaikkan harga, maka akan dilakukan. Kalau salah satu komoditi saja dinaikkan harganya, segera akan merembet ke yang lain. Kondisi pasar seperti ini kan tak ada yang bisa mengendalikan,” katanya menjelaskan.

Ditambahkannya, dampak kenaikan harga satu produk akan sangat luas, termasuk sektor jasa yang sebenarnya tak bersinggungan langsung terhadap kebijakan kenaikan BBM industri. “Contohnya, usaha taksi. Usaha itu tak bersinggungan dengan kenaikan BBM industri. Tapi karena sejumlah barang harganya sudah naik, setoran taksi dari setiap sopirnya harus naik. Akibatnya, sopir taksi itu sendiri harus kerja keras mencari uang untuk menambah setoran taksi itu,” tuturnya.

Tak hanya itu, Asto mengatakan, pengusaha juga akan lebih memilih sistem out sourcing untuk tenaga kerjanya karena hanya cukup dengan kontrak kerja dan tak perlu dilengkapi dengan tunjangan apa pun. “Meski out sourcing itu tidak boleh, dalam kondisi seperti jelas itu paling efektif dan dapat menghemat biaya. Karena biaya produksi untuk BBM sendiri juga sudah cukup besar,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: